Beauty-preneur Workshop by ClozettexCoralxPolka

10:01 AM



Kita kan tau ya sekarang ini online shop sudah berkembang sangat pesat, apalagi terkait dengan beauty, entah itu yang memiliki usaha kosmetik, baju, sepatu, catering sehat, dan lain-lain. Kebanyakan yang menjalani usaha yang berhubungan dengan beauty biasanya wanita, jadi aku semakin excited karena wanita sekarang semakin produktif dan mandiri, ga harus melulu dengan predikat 'harus di dapur' dan 'jaga anak'. Wanita juga bisa menjadi pengusaha koq! :)



Weekend di akhir Mei kemarin, aku berkesempatan untuk mengikuti workshop yang diadakan oleh Clozette ID dengan temanya cukup menarik dan memang lagi booming akhir-akhir ini, Beauty-preneur. Nah cocok banget nih buat kita-kita yang punya rencana ingin merintis bisnis atau yang ingin mengembangkan bisnisnya terkait dengan beautyEvent kali ini, Clozette mengundang beberapa nara sumber sebagai inspirasi kami semua untuk bisa mendengarkan bagaimana memulai dan memotivasi diri kita untuk membangun usaha terutama yang bergerak di bidang beauty dengan mengandalkan e-commerce. Ga lupa juga pastinya ada sharing dari para pembicara seputar tips and trick, tantangan, dan cerita lainnya dari para pembicara langsung terkait dengan bisnis mereka.

Pembicaranya ada beberapa nara sumber seperti :
  • Dharma S. Utomo, Co-Founder e-commerce online shop terbesar Coral ID.
  • Regina, owner @fortune.store dengan penjualan tertinggi di Coral.
  • Tiara Adikusumah dan Fitri Reksoprodjo, Co-Founder Polka Cosmetics.
  • Tutinitut, beauty blogger.
Modern Oriental ambience on Hongkong Cafe, Jakarta
Bertempat di Hongkong Cafe, Thamrin, Jakarta Pusat, kami 30 orang (mostly wanita) mendapatkan undangan dari Clozette ID dan diberi kesempatan untuk menghadiri workshop bertemakan Beauty-preneur ini dengan dress code 'Colorful Soft Pastel'. Cantik semuanya! Dan tentunya ada hadiah menarik buat yang dateng dengan dress code yang paling kece dan fashionable.

Mas Dharma selaku co-founder menjelaskan apa keuntungannya jika kita berjualan di Coral dengan mudah, tanpa adanya batasan dan bisa mengganggu pekerjaan utama kita (termasuk tugas kita sebagai ibu rumah tangga sekalipun). Hanya bermodalkan smartphone dan membuat account di aplikasi Coral, produk yang kita jual bisa dipasarkan dengan mudah dan cepat. Dari beberapa pengalaman yang terjadi pada member Coral, karena peningkatan penjualan yang cukup signifikan, taraf hidup dari member Coral juga meningkat. Salah satu contohnya terjadi pada Regina, yang merupakan member dari Coral dengan penjualan tertinggi selama beberapa bulan terakhir. Regina dengan tekun menjual produk make-up dan dipasarkan di media e-commerce Coral. Bahkan berkat usaha sampingannya, Regina sampai bisa membayar kuliahnya sendiri lho. Mas Dharma juga menceritakan ada satu member yang bahkan bisa membeli rumah sendiri!

Tiara dan Fitri pun juga menceritakan bagaimana awal mula berdirinya Polka Cosmetics. Bahkan berkat kegigihan dan keyakinan, produk Polka bisa memasuki pasar di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, bahkan Amerika. Kedua wanita cantik ini berpendapat kalo kita ini harus ada keberanian dan konsisten sewaktu kita ingin merintis suatu usaha beauty dengan berbasis online shop, selain itu jangan ragu untuk berani tampil beda dengan produk lainnya. Keberadaan partner dengan satu tujuan dan komitmen juga penting untuk membangun bisnis bersama.
Para pembicara sebagai nara sumber

Mba Tiara dan Mba Fitri menceritakan awal mula berdirinya Polka Cosmetics

Tutinitut menyampaikan basic photography untuk pengambilan produk
Tutinitutbeauty blogger satu ini juga sharing soal bagaimana kita bisa mengambil foto produk dengan teknik dasar yang benar dan 'instragamable' tanpa mengubah kontras dan warna terlalu berbeda dari produk asli itu sendiri. Dengan gear dan alat bantu yang sederhana saja, sebenarnya kita bisa koq mengambil foto produk ala fotografer professional. Untuk soal lighting, aku sependapat dengan Tutin, sun always be the best lighting on the picture. Lighting yang murah meriah ya cahaya matahari. Tapi kalo memang pengambilan fotonya tidak ingin menunggu cahaya matahari, bisa koq menggunakan lighting yang sederhana. Keberadaan properti juga penting dalam pengambilan foto, misalnya untuk produk natural, kita bisa menggunakan bunga kering, atau kalo sabun mandi, kita bisa mengambilnya di ambience kamar mandi, dan masih banyak lagi. Asalkan kita kreatif dan tidak monoton, hasil foto kita pasti terlihat menarik. Bahkan dalam pengambilan 1 produk saja, Tutin bisa captured sebanyak 200 gambar sebagai perbandingan. Wow!

Spaghetti Beef Baked by Hongkong Cafe, Jakarta
Yak! aku yang fotoin, aku yang blur :p
'icip' Polka
Setelah menyantap makan siang di Hongkong Cafe, ada booth kecil dari Polka untuk kita-kita yang mau beli atau sekedar 'icip' lip cream dari Polka Cosmetics, dan abis itu ada sesi games untuk belajar bagaimana kita mempromosikan satu produk sesuai dengan kreativitas kita sendiri supaya produk itu kelihatan menarik pembeli. Peserta dibagi menjadi tim dengan berisikan 5 orang, kemudian bekerja sama untuk mempromosikan benda yang telah diundi sebelumnya. Produk sederhana yang kita promosikan ada bermacam-macam, mulai dari sisir, pinset, kaca, cukuran, bahkan pemancung hidung hahaha...

Sewaktu diundi, team aku kebagian benda kaca. Dalam hati, "Hah? Kaca? Gimana gw promosiinnya? Kaca kan barang mainstream..." Setelah berdiskusi dengan tim, akhirnya mulailah saatnya kita maju ke depan sebagai tim terakhir untuk mempromosikan benda kita. Siasatnya, kita mempromosikan kaca ga cuma berfungsi sebagai benda refleksi wajah dan tubuh kita, tapi *isengnya kita sih* bisa juga dijadiin penyangga handphone ketika lagi nonton, dan juga bisa jadi souvenir ulang tahun atau pernikahan. Hihihi iseng banget yah. Tapi sebelumnya kita uda tes koq kalo emang bisa menjadi penyangga handphone hahaha...





Siasat multifungsi produk untuk promosi


Para pembicara juga merangkap sebagai juri untuk menilai tiap tim bagaimana mempromosikan produknya. Sewaktu Mas Dharma mengumumkan, Mas Dharma bilang begini, "Kan di sini saya cowo sendiri, sedangkan semua barang adalah barang cewe. Tapi setelah saya lihat dari masing-masing tim, saya sebagai cowo juga jadi pengen beli benda ini, dan setelah juri berdiskusi, kami memutuskan tim terakhir yang menang..." Dan akhirnya team aku yang menang. YEAY! Langsung bersorak deh hihihi... Pemenang games masing-masing mendapatkan satu buah lip cream dari Polka shade 'Maraccas'. Lumayan banget kan hihihi... Aku lagi beruntung waktu itu. Intinya sih dari games ini, kita belajar bekerja sama dengan partner kita dengan tujuan untuk mengembangkan produk yang kita jual, dan yang pastinya belajar kreatif. Di akhir acara juga diumumkan beberapa kategori seperti best dress dan best picture selama acara.
Yeay we are the winner :D
Yang pasti aku merasa sangat senang sekali bisa mengikuti acara positif yang menambah ilmu, informasi, dan yang pasti teman baru sebagai networking untuk bisa bertukar informasi dan update terbaru soal beauty. Even aku juga sudah memiliki bisnis sampingan Heartbeads, aku mencoba untuk terus belajar bagaimana mengembangkan bisnis kita lebih kreatif lagi. Ga melulu bicara soal keuntungan, semua ada prosesnya yang perlu kita lewati. Itu membuat kita semakin gigih dan konsisten untuk bisnis yang kita tekuni. 

Dan yang lebih senangnya lagi, aku (dan termasuk peserta lainnya) masing-masing mendapatkan 2 kantong goodie bag dari para sponsor acara, seperti voucher belanja dari Gaudi Clothing dan ZenRooms.com; voucher belanja dan tumbler lucu dari Coral; Lip Scrub dari Gulaco; cosmetics pouch, in-wash scent booster Downy dan beberapa sample parfum Gucci dari Clozette, dan cosmetics pouch lucu dari Polka. Acaranya free, dapat ilmu dan orang-orang positif, dapet goodie bag segini sih ini lumayan bangettttt.



Ok sekian dulu sharing dari event yang telah saya ikuti. Semoga bermanfaat ya!
Kedepannya sepertinya aku ketagihan bisa join di event-event positif berikutnya dan bisa sharing terus :)

Thanks for reading!


Cheers,

Susyana
Heartbeads

You Might Also Like

2 comments

  1. seruuu yah, lain kali harus ketemu kita diacara clozette atau acara lain ce haha

    ReplyDelete