Mark Your Make Up

9:03 PM



Bagi make up junkies atau make up enthusiast pasti memiliki koleksi make up yang ga terhitung jumlahnya, bahkan bisa tersimpan di beberapa laci maupun tas. Saking banyaknya koleksi yang tersimpan mungkin ada juga make up yang jarang sekali kita pakai untuk sehari-hari dan bisa jadi terlupakan. Make up yang kita beli bukan berarti tidak ada kadaluarsa lho. Ga jarang juga kalo kita lupa kapan pertama kali memakai make up tersebut dan tidak tahu kapan harus dibuang.

Biasanya make up memang memiliki tanggal kadaluarsa di packaging yang sudah dicantumkan pada proses produksi, namun jangan salah kaprah karena setelah membuka kemasan make up biasanya sudah terkontaminasi dengan udara atau lingkungan luar sehingga bisa mempercepat ‘umur’ make up tersebut. Karena itu untuk mensiasatinya, aku selalu tandai make up aku dengan mencantumkan tanggal pertama kali pemakaian dengan menggunakan spidol permanen khusus, atau bisa juga memberikan label kertas kecil. Hal ini supaya mengingatkan aku kapan mulai dipakai dan bisa menghitung kapan sudah harus dibuang. Emang sih make up kita jadi ada sedikit pemandangan yang mengganggu di packagingnya, tapi ya daripada kita lupa kapan harus dibuang. Jangan sampai karena make up yang kadaluarsa akan merusak kulit bahkan organ penting kita seperti mata. Hiiii….



Nah berikut ini ‘umur’ make up yang perlu kita ketahui. Patut dicatat yah…

Foundation : 1-1.5 tahun
Jenis foundation yang berbeda akan memiliki umur kadaluarsa yang berbeda juga. Untuk foundation yang berbahan dasar air memiliki waktu umur hanya 1 tahun, sedangkan foundation yang berbahan minyak/padat/cream dapat bertahan hingga 1.5 tahun. Bahkan jika tekstur foundation sudah sangat encer dan berbau, sangat disarankan untuk membuangnya. Ga mau kan kalo wajah kita bisa iritasi bahkan jerawatan hanya karena kesalahan lupa kapan kadaluarsa foundation tersebut.

Concealer : 1-2 tahun
Umur concealer sebenarnya agak sama dengan foundation. Untuk yang cair bisa bertahan hingga 1 tahun, sedangkan untuk concealer yang berbentuk padat/stick bisa bertahan hingga 2 tahun. Jika concealer sudah mulai mengeras dan berbau, it’s time to buy new one. Jangan sampai bekas jerawat yang biasa kita samarkan dengan concealer bisa diperparah, bahkan bisa menjadi flek.

Bedak : 2 tahun
Untuk bedak umurnya biasanya 2 tahun. Sama halnya dengan eyeshadow dan blush on, sponge bedak sebagai aplikator juga harus rutin dicuci minimal seminggu sekali.

Eyeshadow : 2 tahun
Biasanya eyeshadow memiliki umur 2 tahun. Jika warnanya sudah mulai menghitam atau keabu-abuan, atau bahkan mulai berminyak, sebaiknya jangan digunakan lagi. Selain itu jika eye brush kita tidak dicuci dengan rutin, otomatis kuman yang bersarang di brush akan terkontaminasi ke bubuk eyeshadow kita. Untuk itu simpan eyeshadow di tempat yang tidak lembab dan rajin-rajin mencuci eye brush ya :)

Eyeliner : 3 bulan untuk liquid, 2 tahun untuk pensil
Organ mata sangat penting untuk kita, karena itu jangan pernah sepelekan make up pada bagian mata, khususnya eyeliner. Eyeliner merupakan make up yang penggunaannya sangat dekat dengan mata, karena itu hal ini harus diperhatikan supaya mata kita aman dan terjaga dari eyeliner yang sudah kadaluarsa, entah itu bentuk pensil, spidol ataupun kuas. Nah kalo untuk eyeliner kuas biasanya harus diganti setiap 3 bulan, tergantung juga dari bau dan teksturnya yang mengeras. Kalo untuk eyeliner pensil lebih awet, yaitu sekitar 1 tahun.

Mascara :  3-4 bulan
Sikat dan tabung mascara ternyata sering menjadi sarang bakteri karena lembab. Untuk itu sebaiknya mengganti mascara kita setiap 3-4 bulan sekali. Ga mau kan kalo mata kita sampai infeksi karena cairan mascara yang sudah terkontaminasi dengan bakteri yang muncul.

Blush on : 6 bulan – 1 tahun
Blush on bubuk memiliki umur 1 tahun, sedangkan blush on bertekstur krim dapat bertahan hanya 6 bulan. Biasanya ciri-ciri blush on yang sudah tidak aman adalah warnanya kelabu dan kusam sehingga sudah sulit diaplikasikan ke pipi. Daripada menjadi jerawat dan iritasi, sebaiknya kita mengganti blush on kita dengan yang baru. Dan juga jangan pernah melupakan brush blush, cuci secara rutin sehingga bakteri yang ada di brush tidak ikut berpindah ke blush on kita.

Lipstick : 2 tahun
Biasanya lipstick memiliki umur 2 tahun, namun tak dapat dipungkiri umur lipstick bisa berkurang seiring dengan kontaminasi dari udara luar atau sisa makanan dari bibir yang kurang di lap bersih. Mungkin kita juga ga menyadari saat kita re-apply lipstick ke bibir tapi masih ada sisa makanan yang belum bersih dan kemudian menempel di lipstick, pastinya kuman sangat mudah masuk ke dalam formula lipstick kita. Jika lipstick sudah berbau apek atau bahkan teksturnya sudah lengket, it’s a good deal to throw it.

Make Up Pouch
Kalo ini sih ga perlu dikasih remarks ya :) Tapi untuk pembersihannya, nah ini nih yang suka ketinggalan. Kalo kita rajin memperhatikan make up kita tapi ga pernah mencuci make up pouch, sama saja bakteri juga bisa mempengaruhi umur make up kita karena tempat penyimpanan yang ga bersih. Karena itu sebaiknya mencuci make up pouch kita minimal setiap 1-2 minggunya.


Jadi begitu kita membuka make up yang baru di beli, penting sekali kalo kita memberi penanda tanggal supaya kita tidak menjadi korban kerusakan kulit dari kosmetik yang sudah kadaluarsa. Konyol banget kan kalo kaya gitu.

Thanks for reading, girls! Hope it helps :)


Cheers,

Susyana
Heartbeads





You Might Also Like

1 comments

  1. Hai kk salam kenal...
    Klo untuk bb cream sendiri expired datenya sama kaya foundation tidak kk?
    Makasih kk...

    ReplyDelete