Productive At Home (Part #2)

7:50 PM


Pilihan untuk fokus menjadi full time mom pasti banyak dialami kebanyakan wanita, termasuk aku sendiri. Keputusan yang diambil pastinya butuh diskusi dan pemikiran yang panjang, karena akan ada banyak perubahan dan penyesuaian.

Menyambung dari Productive At Home Part #1 kemarin, sebetulnya tulisan ini bukan untuk membandingkan antara full time mom dengan working mom. Engga sama sekali. Keduanya tipe wanita ini sangat hebat dan ga perlu diperdebatkan. Justru aku lebih ingin mengajak ke para full time mom untuk bisa lebih encouraged terhadap diri sendiri. Karena kalo aku perhatikan dari teman-teman full time mom, hampir semuanya merasakan depresi, ga bahagia, ga nyaman dengan diri sendiri, merasa dunia sudah berakhir, dan lain sebagainya. Itu semua bisa berdampak negatif ke orang lain dan diri sendiri. Aku pun juga ga terhindar dari kejenuhan, contohnya yang biasanya bisa fleksibel ngobrol dengan teman-teman kantor, kali ini interaksinya terbatas. Belum lagi nantinya harus mengurus anak (yang saat ini sedang dalam proses mengandung hihi). Ketakutan itu pasti ada, tapi dicoba untuk dijalani dengan enjoy, terkadang ketakutan yang kita pikirkan belum tentu terjadi koq. Dengan menjadi full time mom yang lebih produktif, kita merasa 'berharga' dan meningkatkan value kita. 


Keputusan untuk productive at home juga oleh seorang temanku, Peivy. Cewe manis mungil ini yang sekarang menjadi fashion designer baju pesta berhasil untuk bisa membagi waktu antara keluarga, kreativitas, dan sosialita.

Karena kejadiannya sama dengan aku (dan pastinya banyak wanita di luar sana yang mengalami hal yang sama), aku kepikir untuk meminta Peivy sharing sedikit bagaimana proses hingga akhirnya bisa produktif menjalani profesi sebagai fashion designer beratribut @peivydesign tapi juga bisa tetap fokus ke keluarga. Bahkan, profesi yang dijalani sekarang bertolak belakang sama jurusan kuliah dari lulusan universitas ternama lho! Siapa tau ada juga yang ingin menjadi fashion designer seperti Peivy :)






Berikut obrolan singkat aku dengan Peivy.

Pei, bisa diceritain sedikit ga sejak kapan menjalani profesi designer seperti sekarang ini?
Gw kan lulus kuliah awal tahun 2009 dari jurusan akuntansi, nah sejak itu sih masih ikutan organisasi kampus dan baru selesai periode kepengurusan sekitar bulan Juni-Juli 2009. Etisnya sih karena masih aktif di organisasi itu, sebaiknya ga kerja dulu, karena masih banyak yang harus dikerjain di organisasi, jadi bisa fokus. Awalnya abis lulus nganggur nih, gw juga mikir mau ngapain. Sempet cari kerjaan yang masih berhubungan sama akuntansi.

Organisasinya bergerak di bidang apa?
Intinya sih lebih ke student exchange, jadi gw masih aktif di organisasi tersebut saat lulus kuliah. Nah abis itu kepikiran daripada nganggur, gw mikir coba deh cari softskill, mungkin one day bisa kepake. Sebelumnya masih ngambang banget mau 'jadi apa'. Sebetulnya juga emang sih cita-cita juga jadi auditor hahaha! Sambil apply kerjaan di Kantor Akuntan Publik, tapi sambil mikir juga nanti takutnya lembur, ga ada waktu buat keluarga. Udah mikir juga nanti kalo gw punya keluarga, setidaknya ada softskill yang bisa gw jalanin dan lebih fleksibel.

Lalu akhirnya memilih softskill apa?
Sempet kepikiran 2 bidang nih, antara bikin baju atau make-up. Tapi sebetulnya gw ga punya basic apapun, bener-bener blank. Sampai akhirnya memutuskan untuk kursus di Susan Budiarjo untuk belajar bikin baju. Trus ya udah akhirnya jalan kursus setahun lebih, lulus di Oktober 2010.




Tapi kenapa akhirnya memutuskan untuk fokus di area fashion?

Awalnya tuh gw ga mau jadi entrepreneur, karena liat nyokap gw ada usaha konveksi, susah banget manage bahan, kasih gaji ke orang, dan segala macem, cape banget, mau kantoran aja. Tapi mungkin ada darah yang mengalir kali ya hahaha! Dan kalo gw pribadi sih dari dulu gw demen bikin-bikin prakarya, baju sendiri dikasih mote-mote iseng, ya salah satunya itu aja. Kalo jam kerja untuk make-up gw pikir jam kerjanya kurang fleksibel, harus standby di weekend.

Nah sesudah lulus kursus kan pasti pengen difokusin di bidang fashion. Dari pihak keluarga ada ekspektasi ga dari jurusan yang sebelumnya uda lo ambil? Kan beda banget nih dari accounting lalu ke fashion.

Keluarga gw untungnya fully support sih, mereka santai aja soal bidang apa yang gw pilih. Mau ini boleh, itu boleh. Ga pernah kepikir bakalan gagal gitu.

Lalu setelah lulus kursus, awal mula perjalanannya gimana nih pas uda mau serius ke fashion?
Nah setelah lulus kursus, gw apply di perusahaan yang bergerak di bidang fashion. Tapi awalnya agak sulit, karena ternyata yang dibutuhin tuh ijazahnya jenis ijazah lulusan fashion, sedangkan gw kan hanya ikut short course. Trus ya udah abis apply kesana kemari, sembari jalan juga jahit baju untuk sendiri sama teman. Sampai akhirnya dapet kerjaan sebagai visual merchandiser di salah satu butik yang tempat kerjanya di mal Kelapa Gading.  Orang tua gw kira gw kerja jaga toko hahaha! Jam kerjanya juga shift dan sampai mal tutup. Uda gitu lokasinya lumayan jauh dari rumah gw. Jadinya gw ga ambil deh tawarannya.

Wah, lalu gimana kelanjutannya?

Karena kebanyakan lowongan kerjanya juga di mal-mal yang lumayan jauh gitu, ya udah deh akhirnya gw memutuskan untuk usaha sendiri. Gw juga let it flow aja, lama kelamaan dari teman minta bikin baju, trus dari mulut ke mulut, ada aja kesibukan orderan, jadinya ga kepikiran untuk apply kerjaan lagi. Klo ga salah inget sih mulainya dari orderan gereja minta dibikinin baju dalam jumlah banyak gitu, akhirnya hire 1 penjahit.



Trus karena mulai ada orderan banyak, jadi strategi awalnya mulai keluarin modal, dll dong ya?
Klo mesin jahit sih gw beli bekas dari usaha konveksi nyokap. Nah, kalo kain gw ga in stock karena tergantung pesanan.

Berarti awalnya jahit bajunya lebih ke arah mana?

Lebih ke baju sehari-hari, kaya rok, batik, dress, seragam. Belum ada obsesi aliran kemana.

Lalu berapa lama sampai akhirnya memutuskan untuk lebih spesifik ke baju pesta?

Hmm, ya gw coba jalanin semua si, kadang ada orderan baju sehari-hari ada juga yang minta baju pesta gitu, once kita punya penjahit ya jalanin aja terus. Lalu kepikir untuk sewa tempat workshop sendiri. Uda pindah sampai 2x. Sampai pas akhirnya mau married, akhirnya bikin workshop di rumah sendiri, sembari bisa fleksibel untuk rumah tangga dan menjaga anak-anak.

Nah sekarang kan uda berjalan 7 tahun nih, selama ini mungkin ada aja kendala. Nah biasanya kendalanya karena apa?

Yang pasti sih tenaga kerja penjahit. Uda gitu kalo soal pemasaran dulu kan masih mulut ke mulut, belum terlalu booming banget social media seperti instagram kaya sekarang ini. Suami aku rajin banget bantu pasarin lewat posting ke Facebook, blog. Sekarang uda gampang banget lewat Instagram.

Masih inget ga, ada big challenge apa selama 7 tahun?
Hmm, karena orderan yang gw terima ini person by person, jadi setiap baju itu perlu menyita perhatian banget, fokus dan dedicated ke 1 baju itu. Lebih stress pada saat udah mendekati deadline sih, kalo sampe baju ini belum oke, sampai ga bisa tidur dan kebawa mimpi hahaha! Kalo soal tukang jahit sih so far kalo yang keluar mendadak, ada yang bermain kubu sana sini, gw lebih tegas sih orangnya biar suasana kerjanya enak hihi. 

Kira-kira apa nih rencana untuk Peivy Design ke depan?
Gw sih tetep jalanin ya, ga terlalu pasang target tertentu. Karena gw juga sekalian jaga anak dan prioritasnya uda beda. Jadi mau lebih fleksibel.



Sekarang sudah punya berapa karyawan?
Kalo sekarang sih uda ada 11 karyawan.

Wow, hebat lho bisa punya 11 karyawan!

Haha... ya kebanyakan juga karyawan cewe. Karena gw pikir wanita tuh masih perlu kerja supaya bisa lebih produktif, ga cuma ngurusin rumah tangga. Jadi kepikir untuk bisa menciptakan home industry yang bisa memberdayakan wanita. Ya biarpun ada urusan rumah tangga, yang penting masing-masing bisa tau tugas dan tanggung jawabnya di workshop.

Kalo soal deadline, biasanya 1 baju itu ada patokan deadlinenya berapa lama?

Kalo customer baru sih biasanya 3-6 bulan, karena butuh pengenalan karakter kliennya mau seperti apa. Kalo yang uda langganan dan sudah tau pengen seperti apa sih biasanya 1 bulanan.

Ada pesan dan tips ga dari Peivy buat yang mau mencoba untuk memulai sesuatu yang produktif, bahkan yang berbeda dengan jurusan kuliah sebelumnya?

Pertama sih yang pasti harus tau pilih yang kita pengen sih. Karena banyak banget yang kaya kehilangan jati diri. Sekarang kan banyak orang yang ngelihat kulit luarnya aja, kelihatan enaknya, padahal kita ga tau effort di balik itu kaya gimana. Kedua, jangan pernah ngiri sama orang, jangan pengen banyak maunya, pokoknya jalanin aja dan fokus. Ketiga, kembangin skill di bidang lain juga, karena kalo uda bisnis tuh ga bisa sekedar jual barang bagus aja, tapi harus bisa kuasain area lainnya, seperti foto, strategi promosi, analisa, packaging, dll. Semua area harus dimatengin.


***

Tentunya menjadi ibu rumah tangga yang produktif pasti butuh penyesuaian dan proses belajar yang cukup panjang. Aku sendiri juga begitu, masih belajar untuk bisa membagi waktu dan juga mengendalikan diri. Tapi dengan adanya kisah inspiratif pastinya bisa memotivasi kita kalo para full time mom bisa tetap mengembangkan bakat dan talenta lho. Semua wanita itu hebat, entah itu full time mom atau working mom, keduanya sangat hebat, karena bisa membagi waktu tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Thank you banget untuk Peivy yang sudah mau berbagi ceritanya menjadi full time mom yang tetap produktif. Semoga selalu sukses dan kedepannya bisa terus berkarya <3

Thanks for reading!

Xoxo,



You Might Also Like

4 comments

  1. Susss makasih buat sharingnya! Inspiring dan nyemangatin banget :*

    ReplyDelete
  2. jadi semangat lagi buat terus "belajar untuk bisa membagi waktu dan juga mengendalikan diri" supwer words!

    ReplyDelete