Productive At Home (Part #1)

4:08 PM


Memutuskan untuk resign dari kantoran yang sudah berjalan selama 9 tahun dan menetap di rumah bukanlah perkara yang mudah buat aku. Pergumulan ini muncul dalam jangka waktu yang panjang karena sudah mulai memikirkan prioritas ke keluarga dan anak-anak nanti. Aku ga sendiri, pastinya orang di luar sana, terutama wanita sih yang sering mengalami proses seperti ini. Pasti deh dalam hati kecil, memiliki title seorang ibu rumah tangga terkadang muncul kegelisahan. Jenuh, ga bebas, ga banyak teman, bahkan dalam persoalan uang pun merasa 'ga secure' karena bergantung dengan suami.






Syukurlah aku juga dikaruniai talenta yang berbeda dari pekerjaan kantor dan hobi ini bisa menjadikan aku tetap produktif di rumah. Hal inilah yang membuat aku semakin yakin dan berani dalam keputusan untuk bisa menjadi ibu RT, tapi dengan tambahan title "ibu RT yang produktif". Kerjaannya ga melulu dengan mengurus rumah tangga, masak, nantinya urus anak, atau sekedar arisan, dll. Aku bertekad untuk tetap produktif, dalam arti mau menghasilkan sesuatu dari talenta yang aku punya. 




Kalo dari aku pribadi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya tetap produktif, khususnya ibu-ibu yang stay di rumah, tapi kita juga bisa tetap berkembang, ga monoton untuk selalu berkutat dengan urusan rumah tangga.

#1. Peka terhadap skill dan talenta
Ini mungkin banyak yang ga disadari ibu-ibu kalo ternyata setiap kita punya bakat yang terpendam. Atau bisa juga selama ini punya hobi yang tertunda, tapi belum sempat untuk dikembangkan. Jangan pernah ragu untuk mengembangkan talenta kita, mau di bidang apapun itu. Salah satu caranya seperti rajin ikutan kursus atau workshop. Nah sekarang kan banyak banget nih workshop yang diadakan, jadi bisa menjadi wadah buat kita semakin berkembang, plus kita bisa menambah teman juga. Rugi lho kalo kita sebenarnya sudah punya talenta, tapi ga dikembangkan. Sembari jalan, percayalah, rejeki akan mengalir dengan sendirinya.

#2. Konsisten
Kalau sudah menentukan hobi yang bisa kita tekuni (bahkan bisa menjadi sumber penghasilan) buat kita ibu-ibu di rumah, kita perlu menjalaninya dengan konsisten. Sampai detik ini juga aku masih dalam proses untuk konsisten. Terkadang saking banyaknya ide yang bermunculan, membuat kita jadi ga fokus ke bidang yang sudah kita pilih.

#3. Time Management yang baik antara pekerjaan, keluarga, teman, dan diri sendiri
Masalah waktu memang selalu jadi dilema tersendiri. Terkadang waktu juga sudah banyak dihabiskan untuk urusan rumah tangga. Terlalu fokus dalam urusan rumah tangga membuat kita pastinya pernah merasa jenuh dan bosan. Baiknya kita tetap balance di semua aspek, dan perlu mengatur waktu kapan kita harus produktif, kapan harus istirahat atau me-time, kapan bisa berkumpul bersama keluarga dan teman. Mungkin perlu proses dan butuh pengertian dari orang-orang terdekat, tapi kalo sudah dijalani dengan senang hati dan penuh dukungan, pasti kita juga bisa lebih manage waktu dengan baik ;)




#4. Buat suasana ruang kerja yang nyaman di rumah
Biar makin semangat dan kreatif dalam berkarya, perlunya kita membuat ruang kerja yang nyaman dan menyenangkan, bahkan kalo bisa ruangan yang merasa kita lagi 'bekerja sambil main'. Pencahayaan yang terang, dan sirkulasi udara yang nyaman, dan juga booster yang mempengaruhi mood kita, seperti sambil mendengarkan musik, memasang aromaterapi. Ga lupa memikirkan kesehatan sendiri seperti menyediakan air putih dan cemilan yang cukup. Model ruang kerja yang nyaman ada di pribadi masing-masing, ada yang suka dengan ruang kerja yang sleek dan simple, ada juga yang warna-warni, semua tergantung selera masing-masing. Kalo dari ruang kerja aku sih memang rasanya masih perlu sedikit diutak-atik, seperti menambah akses tanaman hijau supaya terlihat lebih segar hihihi :)

#5. Buat to-do-list setiap hari
Sama halnya dengan di kantor, biasakan untuk membuat to-do-list supaya pekerjaan kita ga terlewatkan dan kita bisa mengatur waktu berapa lama akan dikerjakan.

Poin penting diatas menjadikan aku sebagai ibu RT yang ga hanya sekedar menghabiskan waktu dengan urusan rumah tangga saja, tapi aku juga bisa menghasilkan 'sesuatu' untuk diri sendiri dan keluarga. Kalo kamu, khususnya buat ibu-ibu yang memutuskan untuk stay-at-home, mungkin punya cara lain supaya bisa tetap produktif di rumah? Monggo sharing disini ya, pastinya tips dari ibu-ibu sangat berguna untuk orang lain yang membaca :)

Setelah ini aku akan berbagi cerita ga hanya dari pribadi aku aja, tapi juga sharing dari temanku yang juga produktif di rumah dan bisa tetap berkarya.

Thank you for reading!



IN FRAME :
Box Storage Wood, by Uwitan (IG : @uwitan / @uwitanjakarta)
Letter Wood, by Mr. Gepeto (IG : @mrgepeto)
DIY Paperwork Storage VW Car, by Art See (IG : @art.see)
Bracelet and Bag Charm, by Heartbeads (IG : @susyana_heartbeads)

You Might Also Like

6 comments

  1. Semangat ncusss!! semoga aku juga bisa konsisten untuk ngeblog lagi!:*

    ReplyDelete
  2. Thank you sus sharingnya, berguna banget!

    ReplyDelete
  3. Hi Ci Sus, makasih banget ya untuk tulisannya. Setahun menjalani status sebagai IRT, masih harus terus semangat untuk tetap produktif nih, khususnya poin pertama dalam mengembangkan skill. Thanks for the reminder! (:

    ReplyDelete