Tips Mencegah Bayi Rewel di Pesawat

1:40 PM


Kalau kita sedang berpergian naik pesawat, mungkin kita sering mendengar tangisan bayi yang sedang rewel kan? Itu wajar banget, karena saat kita terbang, ada yang membuat tubuh kita ga nyaman karena tekanan udara yang berubah dari ketinggian. Hal ini juga pastinya dialami sang bayi yang juga merasa ga nyaman, jadi bayi gampang nangis dan rewel selama penerbangan. 

Syukurnya, sudah 3 kali aku membawa Evan traveling dengan pesawat, bahkan liburan kemarin ini aku berduaan aja sama Evan naik pesawat, anaknya ga rewel. Ya masih short flight sih, ke Jogja dan Bali. Tapi mungkin beberapa tips ini bisa dilakukan saat short flight maupun long flight supaya anak ga gampang rewel di pesawat. 
  • Sebisa mungkin memilih jadwal penerbangan pada saat jam tidur anak.
  • Beri makanan/minuman sesaat setelah pesawat take off dan sebelum landing. Jika umur bayi <6 bulan, tawari untuk menyusui/minum sufor. Jika umur bayi sudah >6 bulan, bawa makanan/cemilan favorit si kecil. Hal ini untuk mengurangi rasa sakit di telinga yang disebabkan perubahan tekanan udara dan cara untuk mencegah sakit telinganya adalah dengan membiarkannya menelan sesering mungkin.
  • Sesuai informasi dari DSA aku, jika hanya menggunakan penutup telinga bayi/ear plug/ear muffs, TIDAK CUKUP untuk mencegah telinga sakit. Tapi fungsi utamanya lebih kepada sebagai peredam kebisingan. Di dalam pesawat kan pastinya ada suara bising yang mungkin bisa mengagetkan bayi, misalnya pada saat announcement, atau suara mesin pesawat.
  • Memilih kursi di paling depan, karena kursi pesawat di area depan biasa agak sedikit lega dan jika anak mulai rewel, kita bebas untuk mondar mandir tanpa mengganggu penumpang lainnya jika mau menggendong anak kita.
  • Nah untuk long flight, bisa memesan bassinet untuk kenyamanan tidurnya. Jangan lupa setelah memesan tiket, segera hubungi ke maskapai penerbangan untuk menyewa bassinet, karena setiap maskapai menyediakan bassinet dengan jumlah yang terbatas. Bisa ditanyakan terlebih dahulu berapa berat badan maksimal supaya bisa menggunakan bassinet.
  • Bawa mainan/buku kesukaannya. Sebisa mungkin kasih aktivitas dan interaksi supaya ga bosan. Atau jika nantinya sudah bosan dengan mainannya, bisa mengeksplor di sekitar kursi pesawat, misalnya remote TV, seat belt, headset, atau jendela. Tapi pastinya tetap dalam pengawasan ya. Bisa juga digendong sebentar sambil melihat-lihat area sekitar dalam pesawat.
  • Masuk ke dalam pesawat pada saat sudah last call. Jika sudah masuk pesawat dari awal, pastinya masih ribet dengan antrian penumpang lain yang mencari nomor kursi dan menyimpan bagasi di cabin. Hitung-hitung biar mengurangi sedikit waktu supaya ga makin bosan di dalam pesawat.
  • Untuk baju bayi juga jangan terlalu tertutup semua, karena ga semua AC penerbangan dingin. Vice versa aja, kalau atasannya tangan panjang, celananya agak pendek, dan sebaliknya. Jangan lupa juga sediakan jaket/selimut jika sewaktu-waktu suhu di dalam pesawat dingin. 
  • Siap sedia obat-obatan dan termometer di bagasi cabin, jikalau anak mendadak sakit, bisa diatasi segera.
  • Orang tua sebisa mungkin ga panik saat anak rewel. Jika kita ikutan cranky, anak bakalan makin cranky :) Pastinya ada penyebab kenapa anak cranky di pesawat dan kita pun bisa mencari tahu dalam keadaan tenang.
Kalau ada tips lain yang manjur juga, monggo lho ditambahkan di kolom komentar ;)
Semoga bermanfaat ya, dan kalau sudah pernah kejadian rewel, jangan kapok traveling sama si kecil :D

Thank you for reading. Have a great day!

Xoxo,



You Might Also Like

1 comments