It's Time for Pampering Myself

6:30 PM


Menjadi ibu baru pastinya banyak penyesuaian yang perlu dipelajari. Mulai dari waktu tidur, prioritas belanja, hingga waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Waktu yang berjalan pasti banyak tersita dengan mengurus bayi. Aku sendiri juga suka ga berasa tau-tau uda sore aja, karena sekali menyusui plus sendawain sudah habis 1 jam sendiri.


Ga bisa dipungkiri kalo jadwal me time aku juga pasti berubah dan berasa mewah banget. Yang tadinya bisa punya banyak waktu dan kapan aja untuk me time, sekarang harus gesit dan pandai mencuri waktu untuk mandi, menggunakan skin care, tidur siang, atau sekedar window shopping via online. Biar tetep waras dari riwehnya mengurus bayi hahaha...


Dari awal aku ga mau memaksakan diri untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri. Aku meminta bantuan kepada mama dan ART di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya, seperti memasak, mengganti sprei, menyapu, mengepel, dll. Evan juga suka terbangun di subuh karena lapar, jadi aku udah pasti begadang, bahkan kurang lebih begadangnya sama ketika aku masih menjadi auditor hahaha! Bagaimanapun juga, badan ini juga ada keterbatasan dan butuh di recharge supaya mood tetap baik dan bahkan bisa mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI (aku dan suami bertekad untuk bisa meng-ASI-hi Evan).

Banyak cara yang bisa aku lakukan untuk memanjakan diri, yang penting bikin endorphin kita naik, happy dan positif. 

Siapkan makanan kesukaan
Aku tetap memperhatikan asupan makanan yang sehat dan enak. Makanan sehari-hari dimasak oleh mamaku dengan menu seimbang, yang penting ada karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dari daging dan sayur, sesekali tahu tempe, ga lupa juga dengan buah. Aku juga menyisipkan cemilan dan biasanya aku mencari cemilan dari penjual yang terpercaya dan homemade. Menyusui memang membuat cepat lapar kapan pun, termasuk di subuh hari. Cheating sesekali aku biasanya dengan Pocky yang menjadi salah satu cemilan yang bener-bener bikin mood aku makin happy (ini nulis juga sambil cemilin Pocky hahaha!)

Mendengar musik akustik
Selama Evan tidur siang, aku pun juga ikutan tidur siang. Ini perlu banget karena di subuh aku pasti menyusui Evan (atau malah lagi cranky) dan jam tidur aku pasti terpotong. Biar makin rileks, biasanya aku menyetel lagu akustik, biar tidur siangnya makin deep sleep dan segar di sore harinya :D


Skin care adalah keharusan!
Biarpun mandi cuma 2-3 menit karena takut anak kebangun, aku tetap menyempatkan diri untuk menggunakan skincare. Cuma step skincare yang aku gunakan lebih ringkes dari biasanya. Hydrating toner, eye cream, moisturizer, plus dengan jeda yang sebentar. Seminggu sekali aku tetap menggunakan masker wajah sambil tidur siang atau sekedar baca berita.

Body Lotion is my savior
Selain wajah, aku juga tetap memperhatikan kulit tubuh. Body lotion yang aku pilih juga dengan wangi yang bikin mood aku bangkit lagi. Sekarang ini aku lagi pakai Innisfree Olive Real Body Lotion dan Nuxe Multi-purpose Dry Oil. Ga sampai 1 menit oles-oles ke badan, wanginya rileks banget. Meskipun di rumah aja, terkadang aku juga menyemprotkan parfum kesukaan.

Don't forget your lips
Biarpun sudah banyak minum air putih, ternyata kelelahan karena begadang juga membuat bibir aku gampang kering. Sekarang ini aku rutin mengoleskan Nuxe Lip Balm reve de miel setiap pagi dan malam, atau pas kondisi bibir lagi kering banget.


Jadi biar seriweh apapun mengurus bayi, mencuri waktu untuk me time tetap penting, cuma memang perlu sedikit effort untuk melakukannya. Banyak hal yang bisa dilakukan, yang penting membuat hati kita timbul kebahagiaan dan kedamaian, dan siap untuk beraktifitas kembali. Karena kebahagiaan muncul dari diri sendiri sehingga menularkan pikiran yang positif dan penuh rasa syukur. Happy mom, happy baby, isn't it? :)

Semangat para ibu baru! You can do it cause you are a strong woman <3
(sambil menyemangati diri sendiri juga :D)

"Love yourself. It is important to stay positive because beauty comes from the inside out."
~Jenn Proske


Xoxo,



You Might Also Like

1 comments

  1. Semangat ya, Susy! Tetap penting bisa merawat diri meskipun lagi ngurus newborn baby.

    ReplyDelete