a.m. vs p.m. routine : What's the different?

5:13 PM

Setelah aku mengalami breakout parah 2 tahun lalu (ga bosen-bosennya aku mention soal ini), karena kejadian itu memang menjadi titik balik buat aku untuk semakin aware dengan kulit dan bagaimana penanganannya. Bukan dokter kulit lho, tapi justru aku jadi lebih mengenal bagaimana kondisi kulitku yang sebenarnya dan produk apa yang diperlukan. Step by step yang benar pun aku mulai ikuti, plus baca sana sini dan banyak nanya.

Sebenarnya untuk merawat kulit pun juga ga selalu bergantung sama mahal or engga suatu produk, banyak atau engga produk yang dipakai, tapi dengan memperbaiki lifestyle dan pikiran yang positif juga jadi point yang penting dalam urusan kulit. Tidak merokok, tidak minum alkohol, pola tidur yang cukup, olahraga, membersihkan wajah yang tepat supaya bisa napas, banyak makan sayur dan buah, pikiran yang happy, semuanya berdampak banget bagi kita, termasuk kulit. Semuanya tergantung pilihan yang kita jalani. Ada juga yang memang kulit badak, yang mau merokok, yang tidur begadang pun mukanya tetep mulus, ya itu rejeki *mungkin*, tapi pasti di waktu yang akan datang ada efek samping buat tubuh dan kulit kita.


Nah diluar lifestyle yang aku mention tadi, banyak juga yang nanya atau bahkan belom aware, sebenarnya perawatan pagi dan malam itu sama ga sih? Apakah harus berganti merk? Bagaimana step yang benar?

Jawabannya..

Kalo merk, ga perlu ada perbedaan merk skin care antara siang dan malam.

Tapi kalo step, YES! Ada sedikit perbedaan step antara skin care di siang dan malam.

"Jadi bagaimana perbedaan step yang diperlukan? Kenapa begitu?"

Di pagi hari, kulit kita sebaiknya dilindungi dari bahaya radiasi sinar matahari, karena itu perlu adanya proteksi agar tidak membawa dampak buruk dari hasil radiasi sinar matahari seperti kanker kulit atau flek. Tak terkecuali kita yang kerjanya juga di dalam ruangan seperti saya. Radiasi pantulan cahaya matahari dari jendela juga bisa membahayakan kulit, walaupun tidak sebahaya di bawah matahari langsung. Bukan menakut-nakuti, global warming memang makin bikin miris. Kerasa kan panasnya dulu dan panasnya sekarang beda?

Sedangkan di malam hari kita fokus ke pembersihan, karena wajah kita sudah tertempel dengan kotoran dan debu yang dihasilkan dari pagi sampai sore hari, atau make up yang diaplikasikan daritadi pagi. Buatlah kulit kita bernapas dengan pembersihan yang benar, tapi ga over. Sisanya, sama persis, tinggal diatur aja mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. 

Jadi bagaimana langkah-langkah yang disarankan?
Rumusnya simple saja.

Pagi hari         : sabun wajah - toner - serum - moisturizer - sunblock
Malam hari    : cleanser - sabun wajah - toner - serum - moisturizer

Kalo untuk jenis moisturizer, serum, dan treatment tertentu, disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit. Misal, untuk yang lagi jerawatan, bisa ditambahkan exfoliator toner atau spot treatment yang mengandung AHA/BHA untuk membantu mengeringkan jerawat. Untuk penuaan dini, bisa menggunakan serum yang mampu memperbaiki tekstur kulit dan anti aging. Untuk kulit kering atau lagi dehidrasi, bisa menggunakan moisturizer yang kaya vitamin E atau dibantu dengan face oil. Untuk yang lagi komedoan dan pori-pori besar, bisa dilakukan scrub di malam hari sebanyak 1-2x dalam seminggu, atau bisa menggunakan sabun pembersih pori-pori yang bisa dipakai setiap hari (misalnya, Scary Face by The Bath Box, Kiehls Rare Earth Deep Pore Daily Cleanser, Clean and Clear Daily Pore Cleanser, dan masih banyak lagi). 

***

Nah gimana kalo dengan rutinitas aku pribadi? Ada sedikit perbedaan antara rutinitas skin care pagi dan malam. Ga banyak ga berubah, hanya ada perbedaan step aja.



    My a.m. routine

    • Washing       : The Bath Box Liquid Soap - Tea Tree
    • Toning          : Etude Wonder Pore 10 in 1 Freshner
    • Serum           : Sulwhasoo First Activating Serum
    • Moisturizer : Kiehls Deep Pore Moisturizer (only on big pore area) + Nu Skin Combination Skin Moisturizer
    • Sunblock      : Biore Aqua Rich SPF 50+ PA++++ 
    • Face Mist     : Nu Skin NaPCA Face Mist (optional)

    My p.m. routine


    Untuk first cleanser, tergantung apa yang aku gunakan di pagi hari :

    • Kalo menggunakan make up seperti primer bedak, foundation, dan blush on, aku melakukan first cleanser dengan menggunakan Artistry Gentle Action Makeup Remover sebagai susu pembersihGa ketinggalan untuk membersihkan makeup waterproof dengan Maybelline Makeup Remover Eye & Lip
    • Kalo hanya menggunakan sedikit bedak atau tidak menggunakan apa-apa, first cleanser menggunakan Avene Micellar Water (yang sekarang sudah habis, dan digantikan dengan Bioderma).


    Selanjutnya, sama seperti step di pagi hari, tanpa sunblock
    • Washing : The Bath Box Liquid Soap - Tea Tree
    • Toning : Etude Wonder Pore 10 in 1 Freshner
    • Serum : Sulwhasoo First Activating Serum
    • Moisturizer : Kiehls Deep Pore Moisturizer (only on big pore area) + Nu Skin Combination Skin Moisturizer
    • Face Mist : Nu Skin NaPCA Face Mist (optional)
    Karena jenis kulit aku (dan termasuk keluarga) yang cenderung oily (untungnya aku di bagian rahang ga oily, jadi termasuk combination), bukan berarti seluruh varian yang aku gunakan itu adalah untuk jenis yang oily. Setiap hari aku terpampang di bawah AC kantor maupun ketika tidur di rumah dan dari situ aku menyadari kalo kulitku juga butuh sesuatu untuk balancing, butuh moisturizer yang cukup ketika aku sedang berada di AC. That's why aku juga sedia face mist ketika memang suhu AC di kantor lagi dingin dan kulit berasa ketarik.

    Treatment khusus juga aku gunakan. Sewaktu ada jerawat PMS, aku ga ketinggalan menggunakan spot treatment, dan dipakai sampai 'meletus' isinya. Kemudian untuk bekasnya aku menggunakan exfoliator toner atau serum khusus untuk bekas jerawat. Masker dan scrub juga ga ketinggalan.



    Kelihatannya banyak ya, tapi sebenarnya simple, dan memang permasalahan kulit aku satu paket, pori-pori iya, komedo iya, jerawat kadang-kadang ada, plus sekarang uda faktor umur sehingga aku ada tambahan anti aging *ehem!*

    Intinya, di pagi hari jangan pernah lupa menggunakan sunblock, sedangkan di malam hari jangan lupa untuk double cleansingAs simple as that, apapun merknya, kembali lagi ke cocok-cocokan kulit kita dan kita sendiri harus tau jenis kulit kita termasuk yang mana. PR kita adalah mencoba produk itu ke kulit kita sendiri. So, ga ada salahnya untuk coba sample size atau tester terlebih dahulu. Kita pun juga ga perlu memaksakan ingin perawatan skin care yang digunakan orang lain. Apa yang cocok di orang lain, belum tentu cocok di kulit kita, begitu juga sebaliknya. Kalo aku pribadi, kalo memang uda cocok banget di aku, aku pun ga berani ganti.

    Ok inilah rutinitas skin care yang aku gunakan di pagi dan malam hari yang bisa aku sharing. Semoga dapat membantu memberi pencerahan ya mengenai step skin care.

    Thanks for reading :)


    Susyana
    Hearbeads

    You Might Also Like

    0 comments