My Skin Journey

5:46 PM

Baik pria maupun wanita, jerawat emang sangat mengesalkan dan musuh bebuyutan ya buat wajah kita, karena dengan banyak jerawat di wajah, otomatis deh membuat kita ga percaya diri, tak terkecuali juga aku. Jenis kulitku dan keluarga besar dominan berminyak dan kombinasi, mulai dari orang tua, kakak, bahkan sampe paman aku juga pernah mengalami jerawat yang cukup parah sampai di seluruh wajah. Bahkan kakak laki-laki aku sampai sekarang permukaan wajahnya bolong-bolong karena bekas dipencetin. Hiiiii..

Masa puber waktu aku umur 13-17 tahun juga ga luput dari jerawat parah, bahkan aku sempat dijuluki dengan ‘Muka Pizza’ atau 'Muka kudu diamplas'. Hiks... Mungkin memang karena bawaan hormonal yang ga seimbang, plus juga aktivitas sekolah yang sering berjemur matahari ditambah dengan aku yang malas merawat muka.
Setelah mengenal yang namanya falling in love *eh*, nah mulai tuh rajin merawat muka, mulai dari pakai sabun pembersih muka khusus jerawat, toner, sampai moisturizing. Waktu itu aku pakai rangkaian Clean and Clear dan mendingan banget jerawatnya. Sempet coba-coba juga kaya Hazeline, The Face Shop, Biore, Ponds, dll, tapi ternyata aku tetep merasakan efeknya dengan memakai Clean and Clear. Jatuh cinta deh sama produk ini.

Masa remaja lewat, aku memutuskan untuk mulai pakai skin care yang lebih merawat lagi sekaligus mengencangkan di umur kuliahan sampai kerja. Di umur 25-an aku rutin menggunakan skin care Artistry by Amway. Sampai pada persiapan pernikahan, aku risih banget dengan ‘peninggalan’ masa remaja yaitu komedo dan pori-pori yang cukup besar, hingga akhirnya aku memutuskan untuk memakai obat dokter selama 2 bulan sebelum hari-H yang intens untuk menghilangkan komedo dan menyamarkan pori-pori.

H-7 before wedding day. Still have smooth skin

Tapi ‘dejavu’ jerawat parah ini malah muncul lagi setelah marriage life.

What a nightmare...

After The Wedding Day, aku lepas obat dokter karena parno dengan ketergantungan. Dan ternyata keparnoan itu terjadi, setelah lepas, langsung keluar semua deh jerawatnya. Annoying banget! Kemungkinan ada 2 penyebabnya, pertama karena aku melepas obat dokter tidak bertahap, yang kedua adalah make up tebal sehabis hari-H pernikahan. Wajah aku langsung kemerahan dan jerawatan, plus gatal dan agak perih :(

Fase jerawatan kedua ini ternyata justru lebih parah dari remaja, bahkan bener-bener sampai ga pede karena bentuknya seperti bukan jerawat biasa, tapi udah kaya bisul, merah dan besar-besar di bagian pipi, dagu bahkan bibir, sampai bisa seperti keluar nanah dan bekasnya sulit sekali hilang. Can’t you imagine how i was scary of that?? Pernah suatu kali saking ga pedenya, aku pakai masker aja ke kantor biar kaya orang flu hahaha...

Honeymoon with these scary pimples. What a nightmare!

Still on honeymoon *abaikan pose sang suami =D*

Suatu hari waktu aku honeymoon ke negeri kangguru (dengan membawa jerawat dan bekas-bekasnya seperti koreng – sangat mengganggu kepedean di honeymoon haha…), aku sempet ‘klik’ dengan counter Kiehl’sBegitu aku masuk, dermatologist disana menyambut dengan welcome dan saya baru tahu kalo ternyata bisa konsultasi juga! Akhirnya aku mencoba konsultasi, dan ternyata jenis jerawat aku yang kali ini adalah jerawat berjenis radang dan super sensitif, ditambah dengan hormon yang lagi ga seimbang. 

Sebelumnya berangkat honeymoon, aku juga mencoba cara alami yaitu dengan masker lemon hingga rajin minum perasan lemonnya juga. Tapi ternyata menurut dermatologist Kiehl’s, jerawat radang seperti ini justru sebaiknya menghindari zat asam seperti lemon, karena akan semakin merah dan berbekas. So after that, aku stop pakai lemon di wajah dan stop meminum lemon sementara.

Dan setelah browsing, ternyata counter Kiehl’s juga ada di Indonesia. Kemudian aku konsultasi kembali dengan dermatologist di Kiehl’s Plaza Senayan, dan jawabannya pun juga sama, ini efek jerawat radang karena obat dokter! Sampai akhirnya aku disarankan untuk menggunakan beberapa produk dari Kiehl’s, urutannya yaitu mulai cuci muka pakai Blue Herbal Gel Cleanser, sehabis cuci muka pakai toner jenis Calendula Herbal Extract Alcohol-free untuk melepaskan efek negatif obat dokter, menghilangkan bekas jerawat dengan Blemish Control Daily, dan Blue Herbal Spot Treatment untuk jerawat yang masih ‘mengendap’ dan belum kering. Perlahan-lahan namun pasti, rangkaian skin care Kiehl’s ini mulai sedikit ‘menenangkan’ wajah aku dari efek obat dokter dan make up. Bekas-bekas jerawat yang pecah itu mulai memudar, bahkan bisa kelupas dengan sendirinya.

My shopping bag of Kiehl's for the first time

Setelah pemakaian Kiehls kurang lebih 6 bulan, perjalanan ‘break out’ belum berhenti sampai disitu. Terkadang jerawat-jerawat besar (yang aku sebut ‘gunung merapi’) suka muncul juga. Perasaan stress dan sedih ga bisa lepas saat itu. Dengan asumsi biar makin kinclong nih, aku sempat membaca review SKII eh tertarik nih, dan akhirnya aku mencoba untuk pakai SKII. Jerawat besar aku coba kompres dengan menggunakan kapas dan didiamkan sebentar. Tapi lagi-lagi karena mungkin terlalu kebal ya, hingga skin care kaya SKII yang oke sekalipun ga mempan! Sampai hampir 6 bulanan ga ada efek, akhirnya aku stop menggunakan SKII :(

Hingga akhirnya ada saran dari seorang kolega aku juga, coba menggunakan sabun Cetaphil (dengan pemakaian bareng Kiehl’s juga). Setelah dicoba, ternyata aku juga cocok banget dengan facial cleanser ini. Karena kulitku yang lagi super sensitif, jadi disarankan untuk menggunakan produk dengan alcohol and fragrance free. Cetaphyl ini bener-bener ga ada pewangi, ga ada busa, dan ga ada alcohol, sehingga cocok banget sama kulit aku yang lagi rewel ini. Perlahan-lahan jerawat yang besar lumayan mengempes ditambah dengan mencuci pakai air matang.


My next step for skin care. Unfortunately didn't feel better from SKII :(


Better with Kiehl's and Cetaphil

Perlahan namun pasti, hingga pemakaian Kiehl's dan Cetaphil selama 1 tahun lebih, jerawat ‘gunung merapi’ itu ga sering bermunculan lagi, kecuali lagi mentruasi. Kiehl’s dan Cetaphil ini bener-bener menyelamatkan dan melepaskan aku dari efek obat dokter dan make up, hingga aku sharing ke temen-temen kantor aku yang masih berjuang melawan jerawat yang lagi banyak juga hingga seluruh wajah. Banyak yang nanya ‘wuih pakai apa? Uda mendingan banget!”.

My current daily routine 

Karena uda cocok banget pake Kiehl's, akhirnya aku mencoba menambah varian yang juga konsen dengan komedo dan pori-pori. Komedo aku parah dan kasar banget. Kalo lagi iseng, bisa aku cabut pakai kuku! Hiiiii...
Setelah konsultasi lagi dengan dermatologist, aku disarankan mencoba Epidermal Re-texturizing, sabun wajah bentuk scrub halus yang mempan untuk komedo. Tapi ingat yah untuk varian ini jangan digosokkan ke bagian yang berjerawat, karena akan membuat jerawat semakin radang dan menjadi bekas. Selain itu aku juga mencoba masker Rare Earth Deep Pore Cleansing Masque untuk menyamarkan pori-pori. Hasilnya aku lebih maksimal dan komedo aku perlahan-lahan makin berkurang, dan permukaan kulit mulai rata. Aku rutin menggunakan 2 produk ini setiap weekend.

My current weekly routine
Me now.
Can you see different of my pimple? It works!
*except for my chubby face hahaha...*

That's my skin journey. Terkadang juga masih muncul 1 atau 2 jerawat namun ga separah dan ga sebesar yang sebelumnya, karena munculnya hanya waktu menstruasi dan itu aku diamkan saja. Ga di bawa parno dan stress, nanti hilang sendiri hihihi...

Thumbs up Kiehl's and Cetaphil! Jadi semakin pede selfie deh sekarang hihihi...

Buat yang masih berjuang untuk 'melawan' jerawat yang mengganggu, tetep sabar dan tenang ya, karena prosesnya pasti perlahan dan jangan terlalu buru-buru untuk ganti skin care, karena kulit kita baru merasakan efek dari skin care yang kita pakai selama 1-2 bulan. Jika dirasa belum ada perubahan atau malah semakin parah, coba dikonsultasikan dengan yang ahli ya :)

Mungkin ada produk andalan kamu untuk yang lagi jerawat? Share ceritamu disini ya :)



Xoxo,

Susyana Heartbeads

You Might Also Like

4 comments

  1. Ka aku mau tanya, aku jg pakai rangkaian blue herbal dari kiehls udah 3bln lebih gak ada perkembangan jerawat ilang muncul ilang muncul lagi. Kamu pakai cetaphil bagus yah ka ? Itu km cuci mukanya hanya pakai cethaphil aja gak pakai gel cleanser blue herbal lagi ? Senangnya sudah berhasil melawan jerawat

    ReplyDelete
  2. Susi,mau tanya dunk..saat ini sudah tidak pakai kiehls ya? Sy juga lg jerawat parah radang n gatal..di area rahang n pipi..Apakah produk kiehls patut utk dicoba dipakai?

    ReplyDelete
  3. Hallo kak, aku juga pake facial washnya cetaphil aku pakek cetahpil gentle cleanser, baru sekitar 2mingguan efeknya udah kerasa banget jadituh beberapa hari sebelum pake cetaphil muka aku beruntusan gegara pake masker dari freeman yg manuka honey, kayaknya ga cocok dan tbtb merah gt alergi , nah trs aku cobain pake cetaphil hari ke3 sih mulai kerasa bedanya muka aku ga merah2 lagi trs jerawat yg sempet tumbuh juga langsung ilang , yg paling keliatan tuh komedo di idung yg tbtb ilang juga. Dan aku ngrasa muka aku jadi back to normal lagi, kayak kulit bayi. Cuma cetaphil ini jgn dijadiin single cleanser ya apalagi buat temen-temen yg emang biasa pake makeup, karena menurut aku dia ga terlalu bersih kalo cuma dipake abg single cleanser, biasanya aku pake micellar water dari corine de farme baru deh cetaphil. Cetaphil emg baguuus bgt

    ReplyDelete
  4. Hallo kak, aku juga pake facial washnya cetaphil aku pakek cetahpil gentle cleanser, baru sekitar 2mingguan efeknya udah kerasa banget jadituh beberapa hari sebelum pake cetaphil muka aku beruntusan gegara pake masker dari freeman yg manuka honey, kayaknya ga cocok dan tbtb merah gt alergi , nah trs aku cobain pake cetaphil hari ke3 sih mulai kerasa bedanya muka aku ga merah2 lagi trs jerawat yg sempet tumbuh juga langsung ilang , yg paling keliatan tuh komedo di idung yg tbtb ilang juga. Dan aku ngrasa muka aku jadi back to normal lagi, kayak kulit bayi. Cuma cetaphil ini jgn dijadiin single cleanser ya apalagi buat temen-temen yg emang biasa pake makeup, karena menurut aku dia ga terlalu bersih kalo cuma dipake abg single cleanser, biasanya aku pake micellar water dari corine de farme baru deh cetaphil. Cetaphil emg baguuus bgt

    ReplyDelete